SPM : Usaha Pembibitan Anggrek Dalam Botol (Tehnik In Vitro)

SPM : Usaha Pembibitan Anggrek Dalam Botol (Tehnik In Vitro)
SPM : Usaha Pembibitan Anggrek Dalam Botol (Tehnik In Vitro) 
Kultur jaringan adalah metode perbanyakan tanarnan secara modern. Teknik ini dilakukan dengan cara mengisolasi bagian tanaman seperti daun, mata tunas, biji serta menumbuhkan bagian-bagian tersebut dalam media buatan, ditempatkan dalam wadah tertutup yang tembus cahaya, sehingga bagian tanaman dapat memperbanyak diri dan bergenerasi menjadi tanaman lengkap. Prinsip utama dari teknik kultur jaringan adalah perbanyakan tanaman dengan menggunakan media buatan yang dilakukan di tempat steril. 

Kultur jaringan mempunyai beberapa keunggulan, antara lain: bibityang dihasilkan mempunyai sifat yang identik dengan induknya, dapat diperbanyak dalam jumlah yang besar sehingga tidak terlalu membutuhkan tempat yang luas, mampu menghasilkan bibit dengan jumlah besar dalam waktu yang singkat, kesehatan dan mutu bibit lebih terjamin, kecepatan tumbuh bibit lebih cepat dibandingkan dengan perbanyakan konvensional. 

Kendati demikian, biaya yang dikeluarkan sangat mahal, terutama untuk pembangunan laboratorium berikut pembelian alat-alatnya. Kultur jaringan idealnya juga harus dilakukan oleh tenaga profesional dan ahli di bidang bioteknologi. Beberapa alasan itulah yang menjadi salah satu faktor mengapa kultur jaringan kurang berkembang. 

Namun masyarakat sekarang tak perlu khawatir. Sebab, kita bisa memodifikasi ruangan laboratorium sederhana, serta memanfaatkan alat-alat yang sederhana yang lebih murah. Tentu saja dengan tetap mempertimbangkan kualitas produk yang dihasilkan. 

Kultur jaringan sebenarnya dapat dilakukan oleh siapa saja. Yang kita butuhkan hanya panduan praktis, bukan teori-teori usang yang sudah dimengerti. Buku ini mencoba menjawab hal tersebut. Buku ini mengupas seluk beluk teknik pembibitan anggrek melalui kultur jaringan (teknik in vitro) skala rumah tangga, yang siap diaplikasikan di rumah Anda masing-masing.

Spesifikasi Buku:

JUDUL: SPM : Usaha Pembibitan Anggrek Dalam Botol (Tehnik In Vitro)
PENULIS: Yulia Andiani
PENERBIT: Pustaka Baru Press
ISBN: 978-602-1674-006
TAHUN: 2018
UKURAN: 14 x 20
HALAMAN: 238

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SPM : Usaha Pembibitan Anggrek Dalam Botol (Tehnik In Vitro) "

Posting Komentar