SPM : Usaha Budidaya Sorgum , Si Jago Lahan Kekeringan

SPM : Usaha Budidaya Sorgum , Si Jago Lahan Kekeringan
SPM : Usaha Budidaya Sorgum , Si Jago Lahan Kekeringan 
Saat ini, kita perlu mencari tanaman yang mampu tahan pada lahan kering, kurang konsumsi air, mampu dijadikan sumber pangan dan memberikan energi. Sorgum adalah jawabannya, karena ia mampu tumbuh di lahan marginal (kering, asam, salinitas tinggi), adaptasi luas, butuh sedikit air, kebutuhan pada input pertanian lebih rendah, cocok ditanam pada lahan kering dan panas, berguna sebagai bahan pangan dan lainnya. Sorgum (Sorghum bicolor (L) Moench) adalah salah satu tanaman bahan pangan yang penting di dunia, terluas keempat setelah gandum, padi dan jagung. 

Tanaman sorgum merupakan tanaman serealia yang potensial untuk diangkat menjadi komoditas agroindustri. Hal ini dimungkinkan, karena tanaman sorgum mempunyai ragam manfaat yang tinggi. Biji sorgum dapat dipakai untuk makanan pengganti beras, bahan baku roti, industri makanan ringan, bahan baku industri lem, bahan baku industri pakan ternak, bahan baku untuk media jamur merang dan jamur kayu, bahan baku untuk monosodium glutamate (MSG). Sedangkan batangdan daun sorgum dapat dipakai untuk hijauan makanan ternak. 

Sorgum manis dapat diproses menjadi gula atau bahan baku industri alkohol, dan industri minyak. Selain itu, tanaman sorgum memiliki potensi mencegah berbagai penyakit berbahaya, seperti diabetes, kanker, penyakit jantung, dan beberapa penyakit lainnya. Hal ini dimungkinkan karena kandungan nutrisi yangterdapat pada sorgum. Buku yang ada di tangan Anda ini merupakan panduan sukses usaha tani sorgum. Si "Jago" Iahan kering ini, selain memiliki beragam manfaat, tanaman ini dapat diratun, yakni dalam sekali tanam bisa panen berulang. Kebutuhan pangan yangtidak akan pernah mengalami kesurutan seiring pertambahan penduduk dunia, menjadikan peluang besar usaha budidaya sorgum. Anda tertarik dengan prospek tanaman sorgum? Anda bisa memulai langkah sukses bertani sorgum dengan membaca buku ini.

Spesifikasi Buku:

JUDUL: SPM : Usaha Budidaya Sorgum , Si Jago Lahan Kekeringan
PENULIS: Rudi Hermawan SPt
PENERBIT: Pustaka Baru Press
ISBN: 978-6021-674-055
TAHUN: 2018
UKURAN: 14 x 20
HALAMAN: 174

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SPM : Usaha Budidaya Sorgum , Si Jago Lahan Kekeringan "

Posting Komentar