SPM : Untung Berlipat Budidaya Tomat

SPM : Untung Berlipat Budidaya Tomat
SPM : Untung Berlipat Budidaya Tomat
Jika orang menyebut tomat, asumsinya adalah buah untuk sayuran. Padahal sudah lama tomat menjadi buah tangan yang siap dimakan atau dibuat jus yang segar sebagai minuman. Sehingga tomat bukan lagi sebagai buah sayuran, tetapi lebih dari itu, yaitu dimakan mentah. Pemahaman tomat sebagai sayuran memang tidak bisa dihindari karena sejak semula tomat lebih banyak dipakai sebagai sayur atau lalapan. Sampai sekarang pun tomat sayuran masih tetap dicari. Padahal sesuai perkembangan, tomat juga sudah menjadi buah yangsiap dinikmati. 

Beragamnya fungsi tomat ini tentu saja memberikan peluang bagi petani. Pasar tradisional sekarang telah menjual buah tomat sebagai buah tangan, sayuran, maupun untuk jus. Harganya tentu saja juga bervariasi, paling murah tomat untuk sayuran. Saat ini luasan tanaman tomat secara nasional berkisar 30.000 hingga 50.000 hektare per tahun. Permintaan tomat terus meningkat karena selain dijual di pasartradisional, buah tomatjuga dijual di super market, mal-mal, maupun dijual langsung ke hotel dan restoran. 

Melihat peluang besarnya potensi ekonomi dari budidaya tomat tersebut, buku ini dihadirkan ke hadapan pembaca. Di dalamnya dikupas tata cara budidaya tomat dengan berbagai modelnya, sekaligus perhitungan ekonominya. Prospek dan fungsi tomat juga mendapat tempat pembahasan tersendiri. Kiranya buku ini bisa menjadi pintu gerbang untuk memasuki dunia penanaman tomat.

Spesifikasi Buku:

JUDUL: SPM : Untung Berlipat Budidaya Tomat
PENULIS: Emi Fitriani
PENERBIT: Pustaka Baru Press
ISBN: 978-602-7763-906
TAHUN: 2018
UKURAN: 14 x 20
HALAMAN: 232 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SPM : Untung Berlipat Budidaya Tomat"

Posting Komentar