SPM : Sukses Budidaya Bekicot

SPM : Sukses Budidaya Bekicot
SPM : Sukses Budidaya Bekicot
Hewan satu ini bercangkang dan berlendir. Biasanya mereka senang berkumpul di pematang air di sawah dan tempat-tempat lembab lainnya. Cara berjalannya yang lambat membuat hewan sejenis siput ini dijuluki si lambat, atau bekicot (Achatina fulica). Secara keseluruhan, tidak ada sesuatu yang istimewa pada bekicot. Bahkan, cara hidup hewan ini sering kali membuat orang-orang pada umumnya "bergidik". Apalagi bila dijadikan makanan. 

Siapa sangka, hewan berlendir ini ternyata menjadi menu makanan berkelas di negara-negara lain, seperti Perancis, Ame-rika, Kanada, Jepang, ataupun Taiwan. Harga makanan itu tidak murah. Hewan ini mampu mendatangkan keuntungan cukup besar setelah diolah menjadi menu makanan. Selain itu, bekicot juga dimanfaatkan sebagai terapi kesehatan dan pengobatan pelbagai penyakit seperti sakit gigi, gatal-gatal, dan sebagainya. 

Beberapa penelitian terbaru menunjukkan, tingginya kandungan protein pada bekicot juga berguna sebagai bahan pembuat biskuit pendamping ASI, seperti yang diteliti oleh mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes). Di Perancis, bekicot di-olah menjadi hidangan mewah yang disebut Escargot d'France. Hidangan ala Prancis dari bekicot itu kini menjadi hidangan yang sangat khas di sejumlah hotel berbintang. Maka, peluang ekspor untuk tujuan Eropa masih sangat besar, mengingat masih kurangnya suplai untuk negara-negara itu. 

Buku yang berada di tangan pembaca ini berisi teknik budidaya bekicot, mulai dari pemilihan lokasi, persiapan sarana dan prasarana, pembibitan, pemeliharaan, hingga panen. Tak hanya itu buku ini juga menyajikan 22 produk olahan bekicot yang menjadi nilai tambah tersendiri. Akhirnya selamat membaca dan mempraktikkan. Salam sukses. 

Spesifikasi Buku:

JUDUL: SPM : Sukses Budidaya Bekicot
PENULIS: Rima Nastiti SPt
PENERBIT: Pustaka Baru Press
ISBN: 978-6027-819-351
TAHUN: 2018
UKURAN: 14 x 20
HALAMAN: 162 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SPM : Sukses Budidaya Bekicot "

Posting Komentar