Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

settia

Seri Think Smart Scholar: Menulis dan Menerbitkan Kertas Ilmiah di Jurnal Internasional

Seri Think Smart Scholar: Menulis dan Menerbitkan Kertas Ilmiah di Jurnal Internasional
Seri Think Smart Scholar: Menulis dan Menerbitkan Kertas Ilmiah di Jurnal Internasional
Menulis kertas ilmiah untuk diterbitkan di jurnal internasional merupakan salah satu proses, yang hingga saat ini masih mengintimidasi beberapa penulis. Salah satu bagian yang memberatkan yaitu perasaan ragu-ragu dan takut akan ditolak membuat penulis merasa berat untuk memulai proses pembuatan rancangan kertas ilmiah. Padahal, perasaan takut tersebut seharusnya menjadi salah satu pemicu dalam proses penulisan kertas ilmiah agar penulis lebih detail dalam mempersiapkan rancangan kertas ilmiah dan lebih komprehensif dalam penulisannya. 

Buku ini hadir sebagai panduan untuk memulai proses penulisan dan membuat rancangan kertas ilmiah hingga menjadi sebuah naskah kertas ilmiah dan siap dikirim ke jurnal internasional. Selain itu, buku ini juga membahas peraturan yang memungkinkan penulis untuk menyiapkan kertas ilmiah yang terstruktur dengan baik dan komprehensif untuk menjadi sebuah kertas ilmiah yang layak diterbitkan dan dapat menemukan 'rumah' yang sesuai. Menulis kertas ilmiah di jurnal internasional bukan saja sekadar 'melaporkan hasil penelitian, metode dan analisis yang digunakan', tetapi juga bersilaturahim dengan penulis dunia menembus batas wilayah kenegaraan, agama, ras dan waktu. 

Kertas ilmiah dapat ditulis oleh penulis tunggal (single author) tapi juga dengan penulis lainnya (co-authoring) multidisiplin dari berbagai macam ilmu. Apa yang sudah ditulis akan dibaca dan didiskusikan oleh penulis dunia lainnya. Interaksi ilmiah tanpa membedakan siapa penulisnya merupakan hakikat keilmuan yang sebenarnya. Keterbukaan menerima kritik, penolakan dan semangat untuk memperbaiki hingga mengirimkan kembali kertas ilmiah ke jurnal tujuan lainnya merupakan suatu proses keilmuan yang perlu melekat pada setiap ilmuwan 'zaman now'.

Termasuk didalam buku ini juga dicantumkan berbagai strategi jitu apabila kertas ilmiah dikembalikan untuk dilakukan perbaikan. Masing-masing strategi tersebut merupakan langkah dalam proses perbaikan dan harus dilakukan untuk membantu penulis memperbaiki kualitas kertas ilmiah. Pennyajian dalam buku ini adalah dimaksudkan sebagai manual singkat untuk menulis dan menerbitkan kertas ilmiah di jurnal internasional. Buku ini tersusun sebagai hasil dari pengalaman (practical based) tim penulis bersama kolega penulis (co-authorship) di berbagai jurnal internasional terindeks (lndexed) dan bereputasi (Scopus dan ISI Impact Factor).

Spesifikasi Buku:

JUDUL BUKU: Seri Think Smart Scholar: Menulis dan Menerbitkan Kertas Ilmiah di Jurnal Internasional
PENULIS: P.L.Rika Fatimah, S.T.,M.Sc.,Ph.D  dan Ivan Lanovara, S.T.,M.I.T.,Ph.D
PENERBIT: Gava Media
ISBN: 978-602-5568-46-6
TAHUN: 2019
UKURAN: 16 X 23 cm
HALAMAN: x 124 

Posting Komentar untuk "Seri Think Smart Scholar: Menulis dan Menerbitkan Kertas Ilmiah di Jurnal Internasional "