Sejarah Sumatera, The History Of Sumatra

Sejarah Sumatera, The History Of Sumatra
Sejarah Sumatera, The History Of Sumatra
History of Sumatra karya William Marsden merupakan sebuah penulisan sejarah yang terjadi pada saat berlangsungnya kolonialisme dan imperialisme di Indonesia. William Marsden memulai pengamatannya pada tahun 1771. la melakukan pengamatan dan berhasil mengungkapkan hal-hal yang belum pernah terungkap sebelumnya. Marsden bukanlah orang Eropa pertama yang mengunjungi Sumatera pada masa itu, beberapa penjelajah dari berbagai negara lain juga pernah singgah sejenak di pulau Sumatera, akan tetapi catatan perjalanan Marcopolo tidak secara detail mendeskripsikan Sumatera sebagaimana dilakukan oleh Marsden. 

Karya dari Wlliam Marsden ini merupakan sebuah prestasi besar dalam mengkaji wilayah-wilayah asing di luar benua Eropa. Tulisan Marsden tentang Sumatera merupakan sebuah karya besar pada abad ke-18 yang ditulis berdasarkan hasil riset dan observasi yang sudah tergolong canggih apabila meninjau kurun waktu dimana ia hidup. Buku ini menceritakan tentang karakteristik geografis wilayah Sumatera, mulai dari udara, metereorologi, iklim, kondisi tanah dll. 

Kondisi penduduk dan kehidupan sosiologi-antropologis masyarakat Sumatera pada masa itu. Menceritakan tentang flora dan fauna serta komoditi pertambangan yang terdapat di Sumatera. Menceritakan tentang kebudayaan, hukum, adat istiadat dan tata perilaku masyarakat Sumatera pada masa itu. Menceritakan tentang perbedaan penduduk antar daerah hingga sejarah kerajaan-kerajaan di Sumatera. Mulai menceritakan tentang awal Kolonialisasi, dan menceritan tentang pulau-pulau lepas pantai pesisir barat Sumatera.

Spesifikasi Buku:

Judul: Sejarah Sumatera, The History Of Sumatra
Penulis: William Marsden, F.R.S
Penerbit: Indoliterasi
ISBN: 978-602-0869-93-3
Tahun Terbit: 2016
Ukuran: 15X23 cm
Halaman: 714+iv 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Sumatera, The History Of Sumatra"

Posting Komentar