Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

settia

Siap Menyongsong Kurikulum 2013 (Wacana Bagi Guru SD)

Siap Menyongsong Kurikulum 2013 (Wacana Bagi Guru SD)
Siap Menyongsong Kurikulum 2013 (Wacana Bagi Guru SD)
Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. 

Kurikulum 2013 dikembangkan dengan penyempurnaan pola pikir sebagai berikut: 
  1. pola pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran berpusat pada peserta didik. Peserta harus memiliki pilihan-pilihan terhadap materi yang dipelajari untuk memiliki kompetensi yang sama
  2. pola pembelajaran satu arah interaksi guru-peserta didik menjadi pembelajaran interaktif (interaktif guru-peserta didik-masyarakat-lingkungan alam, sumber media lainnya)
  3. pola pembelajaran terisolasi menjadi pembelajaran secara jejaring (peserta didik dapat menimba ilmu dari siapa saja dan dari mana saja yang dapat dihubungi serta diperoleh melalui internet)
  4. pola pembelajaran pasif menjadi pembelajaran aktif-mencari (pembelajaran siswa aktif mencari sernakin diperkuat dengan model pembelajaran pendekatan sains)
  5. pola belajar sendiri menjadi belajar kelompok (berbasis tim)
  6. pola pembelajaran alat tunggal menjadi pembelajaran berbasis alat multimedia
  7. pola pembelajaran berbasis massal menjadi kebutuhan pelanggan (users) dengan memperkuat pengembangan potensi khusus yang dimiliki setiap peserta didik
  8. pola pembelajaran ilmu pengetahuan tunggal (monodiscipline) menjadi pembelajaran ilmu pengetahuan jamak (multidisciplines)
  9. pola pembelajaran pasif menjadi pembelajaran kritis 

Kurikulum 2013 dirancang dengan karakteristik sebagai berikut: 
  1. mengembangkan keseimbangan antara pengembangan sikap spiritual dan sosial, rasa ingin tahu, kreativitas, kerja sama dengan kemampuan intelektual dan psikomotorik
  2. sekolah merupakan bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar terencana dimana peserta didik menerapkan apa yang dipelajari di sekolah ke masyarakat dan mernanfaatkan masyarakat sebagai sumber belajar
  3. memernbangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat
  4. memberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan
  5. kompetensi dinyatakan dalam bentuk kompetensi inti kelas yang dirinci lebih lanjut dalam kompetensi dasar matapelajaran
  6. kompetensi inti kelas menjadi unsur pengorganisasi (organizing elements) kompetensi dasar, dimana semua kompetensi dasar dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang dinyatakan dalam kompetensi inti
  7. kompetensi dasar dikembangkan didasarkan pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar mata pelajaran dan jenjang pendidikan (organisasi horizontal dan vertikal). 
Dengan demikian, Kurikulum 2013 menggunakan filosofi sebagaimana di atas dalam mengembangkan kehidupan individu peserta didik dalam beragama, seni, kreativitas, berkomunikasi, nilai dan berbagai dimensi inteligensi yang sesuai dengan diri seorang peserta didik dan diperlukan masyarakat. bangsa dan ummat manusia.

Spesifikasi Buku:

JUDUL BUKU: Siap Menyongsong Kurikulum 2013 (Wacana Bagi Guru SD )
PENULIS: Drs Daryanto & Drs Herry Sudjendro MT
PENERBIT: Gava Media
ISBN: 978-602-7869-44-8
TAHUN: 2014
UKURAN: 16 x 23 cm
HALAMAN: viii +276

Posting Komentar untuk "Siap Menyongsong Kurikulum 2013 (Wacana Bagi Guru SD)"