Peran Perpustakaan Desa Untuk Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat

Perpustakaan desa memiliki peranan yang sangat penting untuk memajukan pendidikan dan pengetahuan masyarakat. Sama seperti perpustakaan lainnya, perpustakaan desa juga memiliki visi dan misi, salah satunya adalah untuk menciptakan masyarakat yang terampil, cerdas dan berbudaya. Budaya yang dimaksudkan adalah budaya membaca.

Seperti yang diketahui dilapangan bahwa minat baca masyarakat Indonesia belum mencapai target. Untuk mengatasi hal tersebut maka pemerintah membuat program yang berguna untuk menumbuhkan minat baca masyarakat yaitu berupa perpustakaan desa. Perpustakaan tersebut dikelola dengan standar pengelolaan perpustakaan nasional.

Peran Perpustakaan Desa Untuk Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat

Sehingga seluruh kegiatan dan koleksi yang terdapat pada perpustakaan tersebut telah sesuai dengan kriteria dan persyaratan sebagaimana mestinya. Selain itu, juga terdapat petugas perpustakaan yang akan mengelola seluruh kegiatan. Petugas tersebut juga bertanggung jawab langsung pada atasan yaitu kepada desa atau kelurahan.

Peran Penting Perpustakaan Desa

Perpustakaan desa merupakan salah satu upaya yang bertujuan untuk meningkatkan sekaligus memelihara efektifitas proses belajar masyarakat. Sehingga perpustakaan desa memiliki cakupan yang lebih luas, yaitu bukan hanya pelajar saja, melainkan seluruh anggota masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, hingga usia dewasa.

Perpustakaan desa harus tergorganisir dengan baik agar mampu memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengunjungnya. Kualitas pelayanan dan dukungan langsung dari berbagai jenis koleksi yang disimpan didalamnya.akan berpengaruh besar terhadap minat masyarakat. Lantas seperti apa peranan perpustakaan desa?

Peran penting perpustakaan desa selain menyediakan bahan bacaan serta informasi penting untuk para warga. Selain itu, juga bertindak sebagai tempat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu perpustakaan desa juga membantu peran pemerintah dalam mewujudkan program pendidikan seumur hidup dan literasi informasi untuk warga.

Perpustakaan desa juga berperan dalam memberikan hiburan dan juga semangat kepada warga untuk dapat memanfaatkan waktu luang dengan baik. Serta secara tidak langsung telah mendidik masyarakat untuk memanfaatkan dan memelihara bahan pustaka, sehingga mereka mampu menjadi warga yang dinamis, terampil, kreatif dan mandiri.

Peran Penting Perpustakaan Desa

Penyediaan buku-buku yang dilakukan oleh perpustakaan desa tidak hanya mampu menumbuhkan minat baca masyarakat, akan tetapi juga memfasilitasi program wajib belajar yang tengah digalakan oleh pemerintah. Sehingga pembelajaran tidak hanya terpaku pada institusi pendidikan saja, melainkan juga bisa dari berbagai sumber dan tempat seperti perpustakaan desa.

Unsur Pokok Perpustakaan Desa

Perpustakaan desa sengaja dibangun untuk masyarakat dan oleh masyarakat itu sendiri untuk memenuhi kebutuhan informasi. Jika ditelaah secara garis besar, perpustakaan desa memiliki tiga unsur penting yaitu sebagai berikut:

Perpustakaan desa sebagai sarana
Perpustakaan menjadi sarana langsung warga desa untuk mengembangkan pengetahuan dan pendidikan mereke. Sehingga mereka mampu mengerti serta memahami ilmu pengetahuan ataupun informasi lainnya secara mendetail dan terbukti kebenarannya. Selain itu, perpustakaan juga bisa menjadi sarana atau wadah untuk menciptakan warga yang kreatif dan terampil.

Perpustakaan desa sebagai pendukung edukasi
Pendidikan dan perpustakaan memiliki kaitan erat. Keberadaannya memberikan kontribusi besar dalam mendukung pendidikan yang meliputi kegiatan belajar mengajar. Perpustakaan desa juga mampu memberikan ilmu dan pengetahuan penting kepada pelajar, khususnya untuk menuntaskan pendidikannya di instansi pendidikan seperti sekolah.

Perpustakaan desa bersifat integrasi terhadap pembangunan desa
Dengan adanya perpustakaan desa, maka desa tersebut akan semakin maju dan berkembang. Perpustakaan menjadi fasilitas atau sarana yang bisa digunakan oleh para warga guna mencari referensi berbagai aspek kehidupan mulai dari pekerjaan, asah keterampilan maupun kegiatan lainnya. Sehingga perpustakaan tersebut menjadi wadah yang dapat mendukung pembangunan desa.

Unsur Pokok Perpustakaan Desa

Dengan adanya perpustakaan maka diharapkan minat baca masyarakat akan semakin meningkat. Hal tersebut sangat penting untuk dilakukan guna menciptakan masyarakat yang cerdas dan mampu mengikuti perkembangan zaman, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peran Perpustakaan Desa Untuk Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat"

Posting Komentar