Inilah Program-program Kreatif dan Inovatif Untuk Mengembangkan Perpustakaan Desa

Masyarakat pedesaan memiliki segala dinamika layaknya masyarakat perkotaan. Masyarakat desa jauh lebih kalem dan stabil dibandingkan dengan masyarakat perkotaan. Alangkah baiknya bila di desa, didirikan perpustakaan desa. Walaupun perpustakaan ini memiliki tantangan tersendiri, tetapi ini bisa menjadi sumber buku – buku tepat dan taman bacaan bagi masyarakat pedesaan. Bila perpustakaan ini kurang mendapat sambutan hangat, maka Anda harus melakukan dan menemukan program – program kreatif untuk mengembangkan potensi dan fungsi dari perpustakaan desa itu sendiri. Inilah beberapa cara mudah untuk meningkatkan kepopuleran perpustakaan desa.

Inilah Program-program Kreatif dan Inovatif Untuk Mengembangkan Perpustakaan Desa

Penyediaan Buku – Buku Yang Inovatif 

Motor utama dari perpustakaan desa adalah ketersediaan dari koleksi bukunya. Masyarakat akan semakin senang dan tertarik untuk berkunjung bila perpustakaan desa itu memiliki beragam koleksi buku – buku yang menarik. Sebelum menentukan jenis buku yang akan dibeli, maka Anda harus mengetahui target pasar untuk perpustakaan desa Anda. Lakukanlah observasi mendalam terkait pengunjung yang mengunjungi perpustakaan desa. Untuk melakukan itu tak mudah, maka Anda bisa membuat susunan pengurus untuk mengelola perpustakaan desa itu sendiri. Dengan melihat pengunjung yang datang, maka Anda bisa menentukan penambahan koleksi buku – buku yang tepat di dalam perpustakaan desa itu sendiri.

Para pengunjung yang datang ke perpustakaan desa pastinya memiliki keinginan luar biasa untuk meningkatkan pengetahuan, informasi, dan wawasan baru dengan membaca  buku – buku menarik yang disediakan di perpustakaan desa. Anda bisa mengklasifikasi buku – buku di dalam perpustakaan ini sesuai dengan kategorinya sehingga pengunjung bisa dengan mudah mencari buku yang diinginkan. Anda harus meningkatkan koleksi buku setiap waktu berkala agar pengunjung tidak bosa dengan koleksi buku yang hanya itu – itu saja. Anda juga bisa melengkapi perpustakaan desa ini dengan adanya koran. Koran ini berfungsi sebagai media baca lainnya yang disediakan di dalam perpustakaan ini.

Penyediaan Buku – Buku Yang Inovatif

Melakukan Lomba dan Acara di Perpustakaan Desa

Langkah selanjutnya untuk mempromosikan perpustakaan desa adalah dengan melakukan program kreatif seperti menyelenggarakan lomba atau acara di perpustakaan desa. Untuk memperingati hari – hari penting, maka ada baiknya untuk dilakukan lomba. Ini perlu dilakukan untuk menarik minat masyarakat yang belum pernah sekalipun datang dan berkunjung di perpustakaan desa. Selain itu, adanya lomba jug bisa meningkatkan hubungan antara masyarakat desa dengan pengurus perpustakaan desa. Lomba ini bisa dilakukan saat hari baca nasional ataupun acara nasional lainnya sehingga sangat tepat untuk dilakukan momen lomba dan kegiatan menarik di perpustakaan desa ini. Selain itu, adanya lomba ini juga bisa menyerap aspirasi dari masyarakat untuk peningkatan kualitas dari perpustakaan desa itu sendiri. Lomba ini bisa berupa acara amal untuk memotivasi keinginan warga agar mau datang lagi di perpustakaan desa. Adanya acara amal ini bisa menjadi sarana dan media promosi tepat bagi pengurus untuk meningkatkan popularitas perpustakaan desa di mata masyarakat.

Melakukan Lomba dan Acara di Perpustakaan Desa

Membuat List Buku Populer di Perpustakaan Desa

Program inovatif dan kreatif lainnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan popularitas perpustakaan desa adalah membuat list buku populer sebagai rekomendasi tepat untuk pengunjung. Ini akan membantu pengunjung mendapatkan buku yang diinginkan dengan mudah. Bila pengurus menambahkan ini sebagai program unggulan, maka pengunjung perpustakaan akan nyaman dan senang sehingga akan kembali datang untuk mencari buku yang dibutuhkan mereka. Pengadaan koleksi buku ini bisa dilakukan dengan cara tukar menukar koleksi buku antar perpustakaan desa. Anda bisa membuat list buku yang sering dipinjam dan membuat list buku populer untuk pengunjung.

Membuat List Buku Populer di Perpustakaan Desa

Membuat Komunitas 

Program terakhir adalah dengan membuat komunitas di dalam perpustakaan desa. Dengan adanya komunitas ini bisa membantu pengunjung untuk melakukan diskusi dan sharing sehingga pengunjung merasa tak sendiri dan ada teman untuk bertukar pendapat. Adanya komunitas ini bisa menarik pengunjung perpustakaan yang datang sehingga membuat perpustakaan semakin ramai. Diskusi publik bisa dilakukan di dalam perpustakaan terlebih dulu. Anda bisa mencari pakar atau ahli dari luar untuk melakukan diskusi publik ini. Lakukanlah acara diskusi ini secara rutin untuk membantu keadaan perpustakaan lebih ramai. Itulah beberapa program kreatif untuk meningkatkan fungsi dan popularitas perpustakaan desa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Program-program Kreatif dan Inovatif Untuk Mengembangkan Perpustakaan Desa"

Posting Komentar