Cara Membuat Perpustakaan Desa Untuk Meningkatkan Kualitas Masyarakat

Perpustakaan Desa merupakan tempat yang baik untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dengan membaca. Kemampuan dan kualitas membaca yang baik akan menumbuhkan masyarakat yang berkualitas dan mampu beradaptasi dengan informasi terbaru. Perlu kita sadari bahwa saat ini informasi yang saat ini beredar di internet tidak boleh kita serap mentah mentah.

Perlu Anda ketahui bahwa informasi yang ada di internet tidak semuanya benar. Perlu ada filter agar informasi yang kita serap merupakan informasi yang positif. Hal ini bisa kita lakukan dengan membekali masyarakat dengan konten positif yang bisa kita filter, yaitu dengan adanya perpustakaan desa. Berikut bagaimana cara membuat perpustakaan desa.

Cara Membuat Perpustakaan Desa Untuk Meningkatkan Kualitas Masyarakat

Tentukan Segmen Pembaca

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menargetkan segmen pembaca mana yang akan menjadi pengunjung perpustakaan tersebut. Segmentasi ini bisa berasal dari kalangan pelajar, anak-anak atau bahkan orang dewasa. Tentukanlah segmen tersebut, agar buku yang nantinya akan dijadikan koleksi bisa tepat sasaran.

Anda tidak mutlak harus memilih salah satu segmen saja. Anda juga bisa menggabungkan semuanya dalam perpustakaan yang Anda buat. Namun tentu saja koleksi buku yang ada di dalam perpustakaan tersebut harus beragam dan banyak. Selain itu, ruangan atau tempat yang Anda siapkan harus luas dan memadai.

Tentukan Segmen Pembaca

Kumpulkan Buku Untuk Perpustakaan

Setelah Anda menentukan segmen mana yang akan menjadi target Anda, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan buku yang berkaitan dan diminati oleh target Anda. Jika target Anda pelajar, Anda bisa mengumpulkan koleksi buku-buku sains atau bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum pelajar.

Kumpulkan buku yang sesuai atau mendekati minat baca para pelajar. Ada baiknya Anda memperhatikan kondisi psikologis dari pelajar. Jangan sampai koleksi buku yang disediakan hanya buku pelajaran saja. Terkadang buku penghibur seperti novel juga diperlukan, agar pengunjung bisa mencari sesuatu yang menarik minat mereka dan berkunjung ke perpustakaan.

Susun buku tersebut ke dalam rak buku sedemikian rupa. Buatlah blok blok untuk memisahkan tiap topik yang ada di dalam perpustakaan tersebut. Hal ini penting agar pengunjung bisa dengan mudah menemukan buku yang sesuai dengan minat mereka. Jika perlu pisahkan juga buku tersebut berdasarkan sub topik yang lebih rinci lagi.

Kumpulkan Buku Untuk Perpustakaan

Kelola Administrasi Perpustakaan Desa

Kelola administrasi untuk perpustakaan desa yang Anda buat. Mulai dari membuat logo, stempel, sampai membuat katalog agar perpustakaan memiliki nilai lebih untuk dikunjungi. Jika memungkinkan buatlah perpustakaan tersebut menjadi perpustakaan yang lebih modern dengan menerapkan teknologi di dalamnya seperti data pengunjung dan koleksi buku yang sudah berbasis komputer.

Namun hal ini tidak bersifat wajib namun dianjurkan, agar memiliki nilai lebih bagi pengunjung untuk berkunjung ke perpustakaan. Buatlah laporan yang mampu menggambarkan secara detail kondisi perpustakaan. Hal ini bertujuan untuk dokumentasi dan mengundang donatur untuk ikut mengembangkan perpustakaan tersebut.

Administrasi menjadi sangat penting karena dengan adanya administrasi yang baik, perpustakaan tersebut bisa berkembang dengan lebih baik dan lebih cepat. Koleksi buku yang ada di perpustakaan juga akan mampu terjaga dengan lebih baik. Dengan adanya administrasi yang baik juga mampu memberikan gambaran buku seperti apa yang diminati oleh pengunjung.

Kelola Administrasi Perpustakaan Desa

Untuk membuat perpustakaan desa tidaklah sulit. Anda hanya perlu memulai dan memperbaiki perpustakaan tersebut. Tidak perlu membuat perpustakaan tersebut sangat besar di awal, namun usahakanlah, agar perpustakaan tersebut bisa berkembang. Dengan terus melakukan perkembangan dan evaluasi, maka tujuan dari diciptakannya perpustakaan tersebut akan cepat terealisasikan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Perpustakaan Desa Untuk Meningkatkan Kualitas Masyarakat"

Posting Komentar